Fungsi Menu Perintah Pada Microsoft Word
Terkadang saat kita membuat sebuah dokumen di Microsoft Word kita hanya mengetahui beberapa fungsi saja dari menu-menu kerja/perintah (ikon) yang tersedia di bagian atas dari tampilan Ms. Word. Padahal sebenarnya jika kita banyak mengetahui akan fungsi-fungsi dari menu/ikon tersebut maka bisa jadi dokumen yang kita buat hasilnya akan semakin bagus, rapih, menarik, bahkan semakin berkualitas.
Dibutuhkan pemahaman khusus untuk dapat membuat dokumen yang berkualitas dan juga proses pengerjaan yang praktis, salah satunya yaitu dengan memahami bagian-bagian dan fungsi/kegunaan dari menu (ikon) yang ada di tampilan atas Ms. Word.
Berikut ini pembahasan mengenai fungsi menu kerja/perintah pada Ms. Word 2007:
1. Menu bar
Menu yang berisi perintah atau alat-alat umum yang sudah dikelompokkan sesuai dengan fungsinya, diantaranya menu home, insert, page layout, references, mailings, review, dan view.
Berikut Ini Penjelasan Mengenai Menu Bar:
a. Home
Menu yang selalu tampil di halaman depan, karena menu ini yang sering digunakan, misalnya clipboard, font, paragraph, style, dan editing.
b. Insert
Menu yang berisi untuk memasukkan atau menyisipkan karakter tertentu, misalnya menu pages, tables, illustrations, links, header & footer, text, dan symbol.
c. Page Layout
Menu yang berfungsi untuk mengatur halaman kertas kerja, misalnya menuthemes, page setup, page background, paragraph, dan arrange.
d. References
Menu yang berfungsi untuk mengatur referensi data anda, misalnya menu table of contents, footnotes, citations & bibliography, captions, index, dan table of authorities.
e. Mailings
Menu yang berfungsi untuk keperluan surat-menyurat, misalnya menu create, start mail merge, write & insert fields, preview results, dan finish.
f. Review
Menu yang berfungsi untuk melakukan pengecekan ulang data-data yang ada di halaman kerja, misalnya menu proofing, comments, tracking, changes, compare, dan protect.
g. View
Menu yang berfungsi sebagai melihat tampilan akhir sebelum dokumen dicetak, misalnya menu document views, show/hide, zoom, window, dan macros.
2. Office button (Tombol Office)
Berfungsi untuk menulis/mengetik dokumen, membuka, menyimpan, mencetak, mengirim, mempublikasi, dan menutup dokumen, diantaranya new, open, save, save as, print, prepare, send, publish, dan close.
Berikut Ini Penjelasan Mengenai Office Button:
a. New
Berfungsi untuk membuka lembar kerja baru (mengetik dokumen awal).
b. Open
Berfungsi untuk membuka dokumen yang sudah disimpan dalam folder.
c. Save
Berfungsi untuk menyimpan dokumen yang selesai diketik sesuai dengan format file yang diinginkan.
d. Save as
Berfungsi untuk menyimpan kembali dokumen yang telah disimpan dengan isi yang sama tapi nama/format file yang berbeda.
e. Print
Berfungsi untuk mencetak dokumen yang telah dibuat.
f. Prepare
Berfungsi untuk mempersiapkan dokumen supaya siap didistribusikan.
g. Send
Berfungsi untuk mengirim dokumen melalui email ataupun internet.
h. Publish
Berfungsi untuk mempublikasikan dokumen melalui media blog.
i. Close
Berfungsi untuk menutup halaman kerja yang aktif.
Demikianlah pembahasan ringkas mengenai Fungsi Menu Pada Microsoft Word 2007. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita. Aamiin.
Penjelasan nya singkat dan padat.. Terimakasih sudah berbagi ilmu
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya
HapusPenjelasan nya singkat dan padat.. Terimakasih sudah berbagi ilmu
BalasHapusPenjelasan nya singkat dan padat.. Terimakasih sudah berbagi ilmu
BalasHapusBagus
BalasHapusSangat bermanfaat... Terima kasij
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya
BalasHapus