3 Komponen Utama Komputer Dan Sistem Kerja Komputer

        Agar kinerja komputer maksimal dalam hal pengolahan data, maka diperlukan elemen penting yang dapat menunjang untuk menghasilkan informasi yang cepat dan tepat serta akurat. Oleh karena itu elemen atau komponen yang menjadi bagian dari sistem komputer tersebut perannya sangat vital dan saling terkait satu sama lain serta tidak dapat dipisahkan.

Sistem Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tak dapat dipisahkan, yaitu:

  • Hardware (perangkat keras), peralatan yang secara fisik terlihat
  • Software (perangkat lunak), program yang menjalankan komputer
  • Brainware (pemakai komputer), orang yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti user, operator, programmer

Berikut Ini Penjelasan Mengenai Komponen Sistem Komputer:

1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Hardware merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor, keyboard, mouse, atau yang biasa disebut sebagai perangkat utama komputer. Sedangkan perangkat penunjang (pelengkap) komputer antara lain printer, speaker, scanner, dan lain-lain.

Sistem kerja komputer tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

2. Perangkat Lunak Komputer (Software)

Software adalah sebuah program atau sekumpulan perintah terperinci yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema atau bentuk lain, yang apabila dihubungkan dengan media tertentu dapat membuat komputer beroperasi sesuai fungsinya. Software sangat dibutuhkan oleh komputer dalam melakukan proses pengolahan data.

Secara umum software (program komputer) dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

a. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi merupakan program komputer yang dibuat untuk mengoperasikan (mengendalikan) kerja komputer. Contoh sistem operasi yang digunakan pada komputer (portable computer/PC dan notebook) antara lain: DOS, Windows, Linux, Apple.

Windows merupakan sistem operasi yang banyak dipakai saat ini. Windows pertama kali diperkenalkan  oleh Microsoft Corporation pada tahun 1985 di Amerika Serikat. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang masih bekerja di bawah kendali DOS. Salah satu kelebihan dari windows dibandingkan dengan DOS yaitu dari segi kemampuannya dalam menjalankan beberapa program atau aplikasi lebih dari satu sekaligus (bersifat multitasking).

Beberapa versi windows yang pernah digunakan antara lain:

  • Windows 95 dikeluarkan pada tahun 1995
  • Windows 98 dikeluarkan pada tahun 1997
  • Windows ME (Milenium Edition) dikeluarkan pada tahun 1999
  • Windows 2000 dikeluarkan pada tahun 2000
  • Windows XP dikeluarkan pada tahun 2002
  • Windows Vista dikeluarkan pada tahun 2007

b. Program Aplikasi (Aplication Program)

Program aplikasi merupakan program yang dipakai untuk bekerja. Program aplikasi dibuat sesuai kebutuhan karena dibuat oleh programmer (pembuat program) untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Banyak jenis program aplikasi yang telah dibuat dan banyak dijual di pasaran tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Beberapa contoh jenis program aplikasi diantaranya:

  • program pengolah kata: Microsoft word, pagemaker
  • program pengolah angka: microsoft excel, minitab, SPSS
  • program pengolah gambar/grafis: photoshop, coreldraw, ms. Photoeditor
  • program permainan/hiburan: games, music player, video player
  • program akses internet: internet explorer, chrome, mozilla firefox, opera
  • bahasa pemrograman: turbo pascal, visual basix, fox pro

Dari beberapa program tersebut di atas, program yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer adalah Microsoft Office. Microsoft office merupakan salah satu produk dari Microsoft Corporation (perusahaan yang membuat perangkat lunak komputer) yang didirikan oleh Bill Gates.

Inilah program yang termasuk kelompok Microsoft Office:

  • Microsoft word, untuk mengolah kata/artike/paragraf/dokumen
  • Microsoft excel, untuk mengolah angka/perhitungan
  • Microsoft power point, untuk membuat dokumen presentasi
  • Microsoft access, untuk membuat database
  • Microsoft photoeditor, untuk mengolah gambar/foto
  • Microsoft frontpage, untuk desain Website
  • Microsoft publisher, untuk membuat dokumen publikasi

c. Bahasa Pemograman (Programing Language)

Bahasa pemrograman merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Contohnya Visual basic, Visual foxpro, Turbo pascal.

d. Program Tambahan (Utility Program)

Program tambahan merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk melaksanakan beberapa tugas tambahan, aplikasi ini disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu. Contohnya data recovery, disk defragmenter, screensaver, backup, dan lain-lain.

3. Pengguna Komputer (Brainware)

Brainware merupakan orang yang bertugas menjalankan atau mengoperasikan perangkat komputer. Pengguna komputer umumnya terdiri dari empat macam, diantaranya sebagai berikut:

a. Programmer

Merupakan orang yang membuat dan bertugas untuk mempersiapkan program yang memang diperlukan pada sistem komputer yang akan digunakan untuk mengolah data.

b. Sistem Analisis

Merupakan orang yang tugasnya melakukan penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan beberapa pilihan software, hardware, dan sistem lainnya yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, baik perorangan, organisasi ataupun perusahaan.

c. Administrator

Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola suatu sistem operasi dan juga program-program yang sedang berjalan pada sistem komputer.

d. Operator

Merupakan orang yang memanfaatkan sistem komputer yang telah ada atau hanya menggunakan aplikasi tertentu saja untuk mengolah data.

        Demikianlah pembahasan ringkas mengenai komponen utama komputer dan sistem kerja komputer. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita semua, khususnya mengenai dunia komputer dan internet. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "3 Komponen Utama Komputer Dan Sistem Kerja Komputer"