Pengertian Dan Jenis - Jenis Software Pada Komputer

Definisi Software Atau Perangkat Lunak

        Software adalah sebuah sistem program yang sudah diatur dan juga disusun sedemikian rupa, ditujukan untuk memberikan perintah ke dalam komputer atau hardware dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tutuntan tertentu, yang membantu menghubungkan uses sebagai brainware dengan komputer sebagai hardwarenya. Software berfungsi sebagai pelengkap dari tiga komponen atau elemen penting pada sebuah sistem komputer. 

        Secara teknis, tidak semua user atau brainware memiliki kemampuan yang baik dalam mendefinisikan sebuah bahasa mesin. Karena itulah dengan adanya software, dapat membantu pengguna komputer dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaanya.

        Software merupakan komponen atau bagian komputer yang berwujud file digital, Sehingga software tidak bisa dipegang dan dilihat secara fisik bentuknya. Software diperlukan oleh komputer untuk melakukan proses pengolahan data.

        Dengan adanya software (perangkat lunak), Kita bisa menggunakan komputer dengan berbagai macam kegunaan, seperti mengetik dokumen (membuat tugas sekolah), untuk memutar audio/video, untuk mengakses internet, menyelesaikan pekerjaan kantor, bermain game offline dan online, mengedit foto atau video, dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa kita dapatkan dari sebuah penggunaan komputer, tentunya dengan memerlukan beberapa software yang kita pasang (instal) sesuai dengan kebutuhan yang akan kita inginkan. 

Jenis-Jenis Perangkat Lunak Pada Komputer

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi (operating system) merupakan perangkat lunak pertama yang harus dipasang (diinstal) di dalam komputer sebelum jenis-jenis perangkat lunak (sofware) lunak lainnya dipasang. Software ini berfungsi sebagai dasar dan penghubung antara perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak komputer (software) yang akan menjalankan fungsinya.

Sistem operasi adalah program komputer yang berisi perintah (command) yang bertugas menyelesaikan interaksi antarmanusia (user) dengan komputer, sehingga komputer dapat bekerja sesuai kebutuhan penggunanya. Sistem operasi juga merupakan pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan sebagai mesin penting yang menyediakan layanan pada penggunanya.

Terdapat dua jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface), yaitu:

  • Sistem operasi berbasis CUI (Character User Interface)

          misalnya DOS (Disk Operating System), UNIX, Linux.

  • Sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)

          misalnya Microsoft Windows, NT, XP, UNIX dan Linux terbaru yang telah mendukung GUI.

2. Perangkat Lunak Aplikasi / Program

Perangkat lunak aplikasi adalah program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu dan melakukan pekerjaaan/tugas sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer (user). Perangkat aplikasi biasanya disebut juga program komputer. Sistem aplikasi tidak dapat berdiri sendiri, maksudnya bahwa sistem aplikasi bergantung terhadap sistem operasi. Sistem aplikasi adalah program yang siap untuk digunakan, dibuat untuk melaksanakan perintah penggunanya. 

Aplikasi dibuat untuk membantu dan mempercepat proses pekerjaan manusia, aplikasi juga dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat dalam memecahkan permasalahan. Jadi fungsi dari software ini beraneka ragam tergantung dari jenis program/aplikasinya. 

Berikut ini contoh perangkat lunak aplikasi sesuai  tujuan kegunaanya, yaitu:

  • program pengolah kata: Microsoft word, pagemaker
  • program pengolah angka: microsoft excel, minitab, SPSS
  • program pengolah gambar/grafis: photoshop, coreldraw, ms. Photoeditor
  • program permainan/hiburan: games, music player, video player
  • program akses internet: internet explorer, chrome, mozilla firefox, opera
  • bahasa pemrograman: turbo pascal, visual basix, fox pro

3. Perangkat Lunak Bahasa Pemograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa pemograman adalah suatu cara atau teknik berkomunikasi atau interaksi antara manusia dengan mesin komputer. Bahasa pemrograman berisi kumpulan perintah atau intstruksi yang diketikkan oleh user menggunakan perantaraan suatu perangkat keras berupa papan ketik (keyboard). Bahasa pemrograman juga akan menentukan bagaimana data akan dikirim dan mendapatkan kembali data tersebut serta apa yang akan dilakukan selanjutnya jika terdapat kondisi yang beragam seperti misalnya dalam memberikan instruksi prioritas terhadap peralatan input/output, multimedia, dll.

Kumpulan instruksi tersebut harus dapat dimengerti oleh komputer, karenanya maka bahasa yang diketikkan tersebut mempunyai urutan langkah-langkah yang jelas logis, sistematis, aturan-aturan khusus, berstruktur, dan mempunyai elemen tertentu. Rancangan bahasa pemrograman ini lahir dari bahasa alami yang biasa dipakai oleh manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi antarmanusia. Bahasa pemograman juga bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang disusun oleh manusia ke dalam format yang dijalankan komputer, contohnya: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.

Bahasa pemograman terdiri dari tiga level, yaitu:

  • Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)

Adalah perangkat lunak dengan program bahasa sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuat program, contohnya bahasa mesin, assembly language.

  • Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Adalah perangkat lunak dengan program bahasa yang mudah dipahami oleh pengguna komputer contohnya Pascal, COBOL, FORTRAN.

  • Bahasa Generasi Ke Empat (4 GL)

Adalah bahasa yang berorientasi pada obyek (Object Oriented Programming /OOP), contohnya Visual basic, Database, Foxpro, Delphi, Visual C++.

4. Perangkat Lunak Bantu/Tambahan/Utilitas (Utility Program)

Perangkat lunak bantu/tambahan merupakan program khusus yang dirancang untuk membantu dalam mengalanalisis, mengoptimalkan, mengkonfigurasi, dan memelihara sistem komputer. Perangkat lunak ini harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, seperti mengetik, bermain game, mendesain dan mengedit gambar, dan lainnya. Perangkat lunak ini memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. karena fungsinya, maka perangkat lunak utilitas ini umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan kepada pengguna(user) yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik, misalnya memformat disket, mengcopy data, mengkompres file, membersihkan virus, contohnya aplikasi Antivirus, Norton utility, Disk defragment, Windows for windows, Winrar,Winzip, dll.

Terdapat beberapa jenis perangkat lunak utilitas, diantaranya:

a. Perangkat lunak utilitas berdasarkan sistem kerjanya:

  • Performa sistem, yaitu melakukan tune agar komputer bekerja dengan baik.
  • Konversi berkas, yaitu melakukan konfersi antarformat berkas.
  • Anti virus, yaitu melindungi komputer dari gangguan virus.
  • Alat bantu akses internet, yaitu memudahkan dan mengoptimalkan koneksi internet, melindungi komputer dar penyalahgunaan lewat koneksi internet.

b. Perangkat lunak utilitas berdasarkan asalnya:

  • Utility internal, yaitu perangkat lunak yang secara default sudah ada dan terinstal pada sistem operasi komputer, contohnya Disk defragment yang berfungsi untuk mengatur tata letak file yang rusak dan juga untuk menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan file.
  • Utility eksternal, yaitu perangkat lunak yang bukan bawaan sistem operasi, jadi harus menginstal terlebih dahulu, contohnya antivirus, yang berfungsi untuk menscan, menghapus dan menjaga komputer dari serangan virus.

        Demikianlah pembahasan ringkas mengenai Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian Dan Jenis - Jenis Software Pada Komputer"

  1. Artikel yang sangat bermanfaat. Semangat terus gan^^

    BalasHapus