Pengertian Komputer: Fungsi dan Manfaatnya Bagi Manusia


Apa itu komputer?
Apa saja fungsi dan manfaat dari komputer?

Mari kita bahas bersama mengenai penjelasan komputer beserta fungsi dan manfaatnya di sini.

Definisi Komputer

Kata “Komputer” berasal dari bahasa Latin “computare” dan bahasa Inggris “compute” yang berarti peralatan untuk menghitung. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, fungsi komputer semakin berkembang tidak semata-mata hanya sebagai alat hitung saja. Komputer sekarang dapat digunakan untuk membuat surat, membuat grafik, bermain musik, mengontrol suatu alat/mesin, melakukan transaksi pemesanan barang, menjelajak ke pusat data di berbagai tempat (internet), dan lain sebagainya.

Secara umum komputer memilki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Merupakan gabungan dari peralatan elektronik
  • Mampu menerima, mengolah, dan menyimpan data
  • Mampu menghasilkan informasi sesuai perintah dari program

Berikut ini pengertian komputer menurut para Ahli:

1. V.C Hamacher dalam bukunya yang berjudul “Computer Organization”

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, serta menghasilkan output berupa informasi.

2. Robert H. Blissmer (1985) dalam bukunya yang berjudul “Computer Annual”

Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut, diantaranya: menerima input, memproses input tadi sesuai programnya, menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan serta menyediakan ouput dalam bentuk informasi.

3. William M. Fuori dalam bukunya yang berjudul “Introduction To The Computer: The Tool Of Business”

Komputer yaitu suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

4. Donal H. Sanders (1985)

Komputer ialah sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

5. Elias M. Award

Komputer merupakan sebuah alat hitung untuk memproses data, yang disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Dari beberapa definisi komputer di atas dapat disimpulkan, bahwa komputer adalah suatu sistem elektronik yang digunakan untuk menerima, mengolah, dan menyimpan data secara cepat dan tepat, serta menghasilkan informasi yang akurat sesuai program yang diberikan.


Fungsi dan Manfaat Komputer Bagi Kehidupan Manusia

    Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka semakin kompleks juga fungsi dari komputer. Dahulu komputer hanya digunakan untuk kepentingan proses pengolahan data, tapi sekarang, komputer mempunyai fungsi yang semakin kompleks dan beraneka ragam yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia saat ini, bahkan kedepannya fungsi komputer akan terus mengalami perkembangan dan peningkatan sesuai kemajuan zaman.

Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, keberadaan akan komputer sangatlah penting. Manfaat komputer sebagai alat multifungsi dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang, baik dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Memiliki kegunaan yang multifungsi menjadikan keberadaan komputer sering dijumpai di sekolah, bank, kantor, supermarket, dan layanan umum lainnya. Bahkan masing-masing rumah juga telah memiliki komputer dengan berbagai jenis dan bentuk, misalnya laptop.

Saat ini ilmu pengetahuan terlengkap tidak lagi hanya berada di perpustakaan, melainkan juga terdapat di internet. Bahkan dunia pendidikan, pekerjaan, usaha, penerbangan, pertanian, perkebunan, dan lain-lain ada semua di internet. 

Adapun fungsi dan manfaat komputer bagi kehidupan manusia sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Komputer Dapat Mempermudah Pekerjaan Manusia

Beberapa jenis pekerjaan kadang dalam pengerjaanya melibatkan komputer untuk memudahkan dan mempercepat penyelesaiannya. Misalnya saat kita  membuat sebuah dokumen, kita harus melakukan pengetikan. Dulu proses pengetikan menggunakan mesin tik, sekarang mesin tersebut sudah tidak dipakai lagi karena kurang efektif, misalnya jika kita salah mengetik kita tidak bisa mengeditnya atau menghapusnya dan harus menyobeknya atau mengganti kertas baru. Sekarang dengan komputer kita bisa mengetik, mengedit dan mecetaknya tanpa harus disobek atau diulangi pengetikannya, sehingga pengerjaanya lebih praktis dan cepat terselesaikan.

2. Komputer Sebagai Alat Komunikasi

Dulu sebelum adanya komputer, untuk melakukan komunikasi jarak jauh saja orang menggunakan pesawat telepon yang hanya mampu mendengar suara saja tanpa dapat melihat wajah lawan bicara. Sekarang dengan komputer kita dapat:

  • Berkomunikasi jarak jauh
  • Bertatap muka dengan menggunakan aplikasi web camera  (webcam)
  • Berkomunikasi via teks (chatting)
  • Mengirim surat elektronik (e-mail)
  • Mengirim file berupa gambar/foto, video atau file lainnya kepada lawan komunikasi kita

3. Komputer Sebagai Sarana Hiburan


Dahulu jika kita ingin mendengarkan musik harus melalui pemutar musik, seperti CD Player, MP3 Player, DVD Player, sekarang pemutar musik tersebut sudah tersedia di komputer, selain itu dengan komputer juga kita dapat:

  • Memutar lagu dan file dari kaset CD/DVD  Player
  • Bermain game dengan aplikasi bawaan komputer ataupun aplikasi game yang diinstal sendiri
  • Menonton TV dengan membuka saluran TV channel online di internet

4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan


Selain lewat pendidikan sekolah, dengan media komputer kita juga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan lewat jaringan internet. Selain itu kita juga dapat:

  • Menggunakan komputer untuk membuat media pembelajaran
  • Membuat bahan presentasi untuk mengajar dengan menggunakan program Windows, yaitu Microsoft Office Power Point


5. Komputer Sebagai Sarana Untuk Usaha Atau Bisnis


Selain fungsi-fungsi yang telah dibahas di atas ada juga fungsi tebesar komputer yang bisa mengurangi angka pengangguran di Indonesia, karena dengan media komputer masyarakat dapat membuka bisnis secara individu atau kelompok dengan bantuan jaringan internet, misalnya jualan online (online shop), bisnis warnet, kursus komputer, bimbel online, percetakan, bisnis jasa pembuatan logo/website, dan lain-lain.


        Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian komputer, fungsi komputer dan manfaat komputer. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian Komputer: Fungsi dan Manfaatnya Bagi Manusia"