Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Microsoft Office

Pengertian Microsoft Office

        Microsoft Office merupakan software yang dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation dan dirancang untuk mempermudah segala tugas perkantoran. Dengan Microsoft Office kita bisa mengetik dokumen, baik itu surat, laporan keuangan, jadwal sekolah, proposal, dan lain sebagainya. Microsoft Office terdiri dari beberapa paket program perkantoran, diantaranya Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, dan Microsoft Info Path. Di antara paket Microsoft Office tersebut yang paling terkenal adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Sejarah Microsoft Office

      Jika kita berbicara tentang Microsoft, maka tidak akan bisa lepas dari sosok yang ada di belakangnya, yaitu William Hery Gates III atau yang lebih dikenal dengan nama Bill Gates. Bill Gates lahir di Seattle, wilayah Washington, tanggal 28 Oktober 1955. Ayahnya bernama William H. Gates, Sr. bekerja sebagai pengacara dan ibunya bernama Mary Maxwell Gates bekerja sebagai board director di First Interstate Bancsystem dan United Way. 

        Awal mula yang melatar belakangi sejarah Microsoft Office adalah pada saat Bill Gates duduk di bangku sekolah kelas delapan, dimana Mothers Club di sekolah tersebut membeli terminal ASR Teletype Model 33 dan blok waktu komputer di komputer dari General Electric untuk para murid sekolah. Hal ini kemudian menjadi awal kelistrikan Gates pada pemrograman sistem GE yang menggunakan Basic dan ia diperbolehkan untuk tidak mengikuti kelas matematika demi mengejar hobinya tersebut. Setelah donasi dari Mothers Club berakhir, Bill Gates mencoba-coba sistem lain termasuk minikomputer DEC PDP, dimana salah satu PDP-10 adalah milik Korporasi Pusat Komputer (CCC) yang akhirnya  perusahaan tersebut melarang Bill Gates dan teman-temannya, yaitu Paul Allen, Kent Evans, dan Ric Weiland  menggunakannya lagi setelah mereka tertangkap basah mengeksploitasi bug tanpa ijin pada sistem operasi tersebut.

        Pada Januari 1975, Bill Gates menginisiasi kontak dengan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) yang menciptakan microkomputer dan mengatakan bahwa ia sedang mengerjakan interpreter Basic untuk platformnya. Dengan dalih berbohong, akhirnya emulator Altair yang dapat berjalan di komputer mini dapat ia selesaikan juga, dan selesai juga interpreter Basicnya. Demonstrasi kedua interpreter tersebut berlangsung di Albuquerque dan akhirnya meraih sukses besar, hal itu membuat MITS langsung merekrut Bill Gates dan Paul Allen. Nama yang mereka pilih untuk kemitraan tersebut bernama “Micro-soft” dan pada tanggal 26 November 1976 nama “Microsoft” resmi didaftarkan oleh Bill Gates.

        Setelah hubungan kemitraan dengan MITS berakhir, selanjutnya pada bulan Juli 1980 IBM menghampiri Microsoft dengan membawa contoh komputer personal yang akan dirilis dengan nama IBM PC. Pada mulanya, IBM meminta pihak Microsoft untuk membuat interpreter Basic. Namun, pada saat utusan IBM menyebutkan mereka membutuhkan sistem operasi, Bill Gates menyarankan untuk menggunakan CP/M yang dibuat oleh Digital Research (DRI) tapi komunikasi pun berjalan alot dan penuh pertimbangan. Setelah berminggu-minggu, kemudian Bill Gates kembali menyarankan IBM untuk menggunakan 86-DOS yang dibuat oleh Seattle Computer Products (SCP). 

         Di tanggal 20 November 1985, Microsoft berhasil merilis versi retail pertama dari Microsoft Windows, kemudian di bulan Agustus 1986 Microsoft menjalin kerjasama dengan IBM untuk membuat sistem operasi baru bernama OS/2.

Perkembangan Microsoft Office dari Generasi ke Generasi

1. Microsoft Office 1.5 dan 1.6

        Pada tahun 1980-an Microsoft menghadirkan tiga perangkat lunak, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint secara terpisah. Pada tanggal 1 Agustus 1988 Microsoft menggabungkannya menjadi satu bagian yang diberi nama Office suit (bersamaan dengan diumumkannya Office pertama kali). 

2. Microsoft Office 3.0

        Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Ms. Word V2.0, Ms. Excel V4.0, Ms. Power Point V3.0 dan Mail V3.0. ini merupakan paket versi pertama Office yang juga dirilis pada CD Rom. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis dengan penambahan Ms. Access V1.1.

3. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2

        Microsoft Office 4.0 dirilis berisi paket Microsoft Word 6.0, Excel 4.0, PowerPoint 3.0 dan Mail.

4. Microsoft Office 95

        Microsoft Office 95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995 dan tersedia dalam dua versi, yaitu Office 95 standard dan Office 95 Professional. Office 95 standard terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, Powerpoint 7.0, dan Schedule 7.0. Sedangkan Office 95 Professiona terdiri dari semua item dalam versi standar ditambah dengn Microsoft  Office Access 7.0.

5. Microsoft Office 97

        Microsoft Office 97 dirilis pada tanggal 19 November 1996 dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual desainnya. Microsoft Office 97 juga memiliki beberapa fitur, diantaranya fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant yang hadir dalam bentuk Clippy the papperclip.

6. Microsoft Office 2000

        Microsoft Office 2000 dirilis pada tanggal 29 Maret 1999 dengan fitur dan aplikasi baru yaitu FrontPage yang berguna sebagai aplikasi pengembangan web page yang hanya tersedia pada Office Pemium saja. Pada versi ini banyak fitur yang disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awan. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Microsoft Office 2000 merupakan versi terakhir yang bisa dijalankan pada Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Acivationnya. 

7. Microsoft Office XP (2002)

        Versi ini dirilis bersamaan dengan Windows XP, banyak fitur dan aplikasi baru di dalam Office XP ini yaitu fitur save mode yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal/crash. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki serta memotong sumber masalah seperti pada registry ataupun add-in yang rusak.

        Di dalam versi ini juga diperkenalkan Tag Smart, yaitu tag cerdas yang beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti mengoreksi kesalahan mengetik, dan juga terdapat perintah suara terintegrasi dan kempuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP juga menambahkan elemen ClipArt dan memutuskan untuk menonaktifkan karakter Clippy. Office XP adalah versi terakhir yang dapat dijalankan pada OS Windows 98, ME dan NT 4.0. dan ini adalah versi pertama yang membutuhkan aktivasi produk sebagai tindakan anti-pembajakan. 

8. Microsoft Office 2003

        Versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru, dua aplikasi baru yaitu Microsoft InfoPath dan OneNote. Microsoft Office 2003 merupakan versi pertama kali yang menggunakan gaya Windows XP beserta ikonnya. Microsoft Outlook 2003 juga mempunyai fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos Authentication, RPC over Http, dan Cached Exchange Mode. Pada Microsoft versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah ditingkatkan fungsinya. Microsoft Office 2003 menjadi versi terakhir yang mendukung Windows 2000 dan versi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

9. Microsoft Office 2007

        Versi ini dirilis pada tahun 2007 dan memperkenalkan antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, yang menggunakan ribbon dan menu Office bilah menu dan bilah alat. Office 2007 juga memperkenalkan format file Office OPen XML sebagai format file default di Word, Excel, dan PowerPoint.

        Format baru dimaksudkan untuk memfasilitasi berbagai informasi antarprogram, meningkatkan keamanan, mengurangi ukuran dokumen, dan mengaktifkan skenario pemulihan baru. Microsoft Office 2007 membutuhkan Windows XP dengan Paket Layanan 2, Windows Server 2003 dengan Paket Layanan 1, atau versi Windows yang lebih baru (Microsoft Office 2007 merupakan versi terakhir dari Microsoft Office yang dapat dijalankan pada Windows XP Professional x64 Edition).

         Microsoft Office 2007 mencakup aplikasi baru dan alat sisi server termasuk Microsoft Office Groove, suite kolaborasi dan komunikasi untuk bisnis kecil, yang pada awalnya dikembangkan oleh Groove Networks sebelum diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2005. Paket aplikasi lainnya yaitu Microsoft Office SharePoint Server 2007, utama revisi platform server untuk aplikasi Office, yang mendukung Excel Services, arsitektur Klien-Server untuk mendukung buku kerja Excel yang dibagikan secara real time antarmesin, juga bisa dilihat dan diedit melalui halaman web. 

10. Microsoft Office 2010

        Pada tahun 2010 Microsoft berhasil merilis Microsoft Office 2010 dan memperkenalkan peningkatan antarmuka pengguna termasuk tampilan Backstage yang menggabungkan tugas manajemen dokumen menjadi satu lokasi. Ribbon yang diperkenalkan di Office 2007 untuk Access, Excel, Outlook, PowerPoint, dan Word disesuaikan penggunaanya di Office 2010. Fitur-fitur lainnya termasuk dukungan format file yang diperluas, fitur penulisan bersama yang memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi secara bersamaan mengedit dokumen, OndeDrive dan integrasi SharePoint dan peningkatan keamanan seperti tampilan terproteksi, read only, Isolated sandbox environment untuk melindungi pengguna dari konten yang berpotensi berbahaya.

        Microsoft Office 2010 adalah versi Office pertama ang dikirim dalam dua varian untuk IA-32 dan x64, tetapi versi x64 tidak kompatibel dengan Windows XP atau Windows Server 2003. Microsoft Office 2010 merupakan versi pertama yang membutuhkan aktivasi produk untuk edisi lisensi volume. Office 2010 mendukung Windows XP SP3, Windows Server 2003 SP2, Windows Vista SP1 atau versi yang lebih baru, meskipun dapat diinstal pada paket layanan XP yang lebih lama melalui eksploitasi registri. Microsoft Office 2010 menjadi versi terakhir yang kompatibel dengan WIndows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008.

11. Microsoft Office 2013

        Microsoft Office 2013 adalah penerus dari Office 2010 dan mencakup dukungan format file yang diperluas, pembaruan antarmuka pengguna, dan dukungan untuk sentuhan di antara fitur-fitur barunya. Microsoft Office 2013 kompatibel untuk sistem IA-32 dan x64 dan juga kompatibel untuk Windows 7, Windows Server 2008 R2 atau versi yang lebih baru.

        Pengembangan Office 2013 dimulai pada tahun 2010 dan berakhir pada 11 Oktober 2012, ketika Microsoft Office 2013 dirilis ke manufaktur. Pada tanggal 29 Januari 2013 Microsoft merilis Office 2013 untuk ketersediaan umum. Microsoft Office 2013 dilengkapi dengan beberapa fitur baru, diantaranya dukungan integrasi untuk layanan online (termasuk OneDrive, Outlook, Skype, Yammer, dan Flickr), dukungan format yang ditingkatkan untuk Office Open XML (OOXML), OpenDocument (ODF)  dan  juga format Portable Document Format (PDF).

12. Microsoft Office 2016

        Microsoft Office 2016 merupakan versi suite produktivitas Microsoft Office sebagai pengganti dari Office sebelumnya, yaitu Office 2013 dan Office untuk Mac Office 2011. Microsoft Office 2016 dirilis pada macOS pada 9 Juli 2015 dan di Windows pada tanggal 22 September 2015 untuk pelanggan Office 365 dan berakhir pada tanggal 13 Oktober 2020, dan sebagian besar versi lisensinya telah diperpanjang sampai tanggal 14 Oktober 2025. Versi lisensi abadi pada macOS dan Windows dirilis pada tanggal 22 September 2015.

       Microsoft Office 2013 merupakan versi terakhir dari microsoft Office yang kompatibel pada Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows Server 2012 R2, dan Windows  Server 2016.

13. Microsoft Office 2019

         Microsoft Office 2019 merupakan versi terbaru dari microsoft office, rangkaian produktivitas, yang menggantikan Office 2016. Microsoft Office 2019 dirilis pada tanggal 24 September 2018 untuk ketersediaan umum dan kompatibel dengan Windows 10 dan untuk macOS. Kemudian pada tanggal 27 April 2018, Microsoft merilis pratinjau komersial Office 2019 untuk Windows 10 dan selanjutanya di tanggal 12 Juni 2018, Microsoft merilis preview untuk macOs.

        Microsoft Office 2019 mempunyai banyak fitur yang sebelumnya diterbitkan melalui Office 365, bersama dengan fitur peningkatan tinta, dukungan LaTex di Word, fitur animasi baru di PowerPoint termasuk fitru morph dan zoom, dan formula serta grafik baru di Excel untuk tugas analisis data. 

        Demikianlah pembahasan ringkas mengenai Sejarah Perkembangan Microsoft Office. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Microsoft Office"

Posting Komentar