Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan: Golongan, Kapasitas, dan Data Yang Diolah


        Sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi memperlihatkan beberapa perbedaan, baik dari segi fungsinya/kegunaannya, komponen yang ada di dalamnya, serta fisiknya. 

Jenis-Jenis Komputer

1. Berdasarkan Golongan/Tujuan Penggunaannya

a. General Purpose Computer

Komputer yang biasanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari, seperti pekerjaan kantoran, pendidikan, penelitian, dan lain-lain.

b. Spesial Purpose Computer

Komputer yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus, seperti accounting inventory, automatic banking system, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Kapasitas

a. Komputer Mikro (Personal Computer/PC)

Komputer yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal), seperti PC/desktop, laptop, dan notebook.

b. Komputer Mini

Komputer dengan mikroprosesor yang digunakan untuk memproses datanya mempunyai kemampuan jauh lebih unggul dibandingkan dengan komputer mikro. Untuk ukuran fisik komputer mini bisa sebesar lemari kecil. Komputer ini umumnya digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multiuser), contoh komputer IBM AS-400.

c. Komputer Mainframe

Komputer yang memiliki prosesor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses komputer ini jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini koomputer. Kecepatan kerja komputer ini mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per seconds / 1 GOPS).  Komputer ini biasanya digunakan untuk memproses data yang mempunyai kapasitas sangat besar, juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama, contoh komputer z900.

d. Komputer Super

Komputer yang mempunyai kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Pengguna komputer super biasanya negara-negara maju ataupun perusahaan yang sangat besar, seperti industri pesawat terbang Nurtanio. Kemampuan lain yang dimiliki oleh komputer super     adalah mampu membaca/menyadap berbagai data dari satelit, contoh komputer Cray-2.

3. Berdasarkan Data Yang Diolah

a. Digital Computer

Komputer yang dapat digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif (perhitungan aritmatika), contoh kalkulator, dan lain-lain.

b. Analog Computer

Komputer yang biasa digunakan untuk mengolah data bersifat kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu kejadian (keadaan suhu udara, ketinggian ataupun kecepatan), contoh speedometer, thermometer, voltmeter dan lain-lain.  

c. Hybrid Computer

Komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Komputer ini banyak digunakan oleh rumah sakit untuk memeriksa keadaan tubuh pasien dengan hasil diagnosa disajikan dalam bentuk gambar,   grafik, ataupun tulisan, contoh alat diagnosa pasien, alat simulasi penerbangan, dan lain-lain.

    Demikianlah pembahasan ringkas mengenai jenis-jenis komputer. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita semua. Aamiin.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan: Golongan, Kapasitas, dan Data Yang Diolah"

  1. Wah, artikel yang sangat bermanfaat. Semangat selalu gan^^

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali gan, Jadi tau jenis2 komputer

    BalasHapus