Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

Sudah tahukah ANDA mengenai:

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Masa ke Masa?

        Proses pengolahan data sudah lama dilakukan oleh manusia. Sejak dahulu manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan penghitungan dan pengolahan data agar hasil yang diperoleh cepat dan akurat. Perkembangan  komputer tidak serta merta secanggih saat ini, karena telah mengalami evolusi yang sangat panjang, mulai dari segi bentuk, kinerja, hingga perangkat ataupun komponen yang digunakan. 

        Saat ini komputer dan piranti pendukung lainnya telah masuk ke dalam aspek kehidupan manusia. Komputer saat ini memiliki kemampuan yang lebih kompleks dari sekadar perhitungan matematik biasa, misalnya pada sistem komputer pada kasir pertokoan dapat membaca kode barang-barang belanjaan, kemudian pusat telepon yang sanggup menangani jutaan panggilan dan komunikasi lainnya, jaringan, komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Lima Fase Sejarah Perkembangan Komputer

1. Komputer Generasi Pertama Menggunakan Tabung Vakum (1937-1946)

Pada saat Perang Dunia ke-2, kebutuhan komputer semakin meningkat, terutama untuk kebutuhan militer. Perang juga membutuhkan senjata baru dibuat untuk tabel lintasan dan data penting lainnya. Komputer Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linier dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Nazi Jerman.

Kemudian pada tahun 1946 J. Presper Eckert dan John Mauchly dari University of Pennsylvania menciptakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Bentuk komputer ENIAC ini memiliki ukuran sangat besar, bahkan pada peletakkan program ini membutuhkan ruang seluas 500 m2. Perangkat ENIAC juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1.800 kaki dan berat mencapai sekitar 30 ton dan memerlukan daya listrik sekitar 140 KW dalam pengoperasiannya serta dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat ini mencapai 1 juta dollar. Sehingga menjadikan ENIAC sebagai komputer generasi pertama untuk tujuan umum. Program ENIAC ini sudah dirancang pada tahun 1942, kemudian dimulai di tahun 1943, dan selesai pada tahun 1946.

2. Kompter Generasi Kedua Menggunakan Transistor (1947-1962)

Peneliti dari Bell Laboratories yang bermarkas di Amerika Serikat, yakni William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain menciptakan transistor di tahun 1947. Transistor menggantikan tabung vakum sebelumnya, sehingga ukuran mesin elektrik berkurang drastis.

Di tahun 1951 komputer pertama untuk komersial diperkenalkan ke publik, yaitu komputer yang bernama Univac 1 (Universal Automatic Computer). Dikutip dari tulisan L.R. Johnson berjudul “Coming to grips with Univac,” dalam IEEE Annals of the History of Computing (2006), mesin perangkat komputer ini dirancang oleh John Adam Presper Eckert Jr. dan John Mauchly di Amerika Serikat.

Selanjutnya pada tahun 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai macam bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan komputer mulai memiliki memori juga sistem operasi. Bahasa pemrograman pertama kali dikembangkan pada tahun 1953 oleh seorang ahli komputer yang bernama Grace Hopper,  ia juga seorang perwira tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat. Selanjutnya John Backus dari Universitas Michigan memimpin tim IBM untuk merumuskan bahasa pemrograman.

3. Komputer Genereasi Ketiga Menggunakan Integrated Circuit (1963-1971)

Generasi komputer ketiga dimulai pada tahun 1965 yang mana komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (IC). Sebelumnya, seorang insinyur di Texas Instruments bernama Kirby sudah menciptakan komponen yang lebih canggih dari transitor pada tahun 1958, yakni Integrated Circuit  (IC) yang berupa chip kecil namun bisa mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu. 

Integrated Circuit menggabungkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Ia juga berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Dengan penemuannya tersebut, komputer menjadi lebih praktis dan berukuran lebih kecil, namun lebih kuat, lebih handal, dan dapat menjalankan banyak program yang berbeda secara bersamaan

4. Komputer Generasi Keempat Menggunakan Mikroprosesor (1972-1984)

Perkembangan komputer di periode ini terbilang sangat pesat. Setelah Integrated Circuit (IC), tujuan pengembangan komputer menjadi jelas dengan memperkecil ukuran papan sirkuit dan komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) yang mampu memuat ratusan komponen dalam sebuah chip tunggal. 

Intel yang dibentuk pada awal dekade 1970-an meluncurkan chip DRAM (Dynamic Acces Memory) pertama. Tak lama berselang, Alan Shugart memimpin tim IBM menciptakan floppy disk yang memungkinkan data untuk dibagikan antarkomputer.

Tahun 1973, anggota staff peneliti Xerox bernama Robert Metcalfe mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat keras lainnya.

Pada tahun 1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) mampu memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Kemudian Ultra Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah komponen tersebut menjadi jutaan. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan perangkat komputer. 

Pada tahun 1980 tercipta Sistem Operasi Disk Microsoft (MS-Dos). Kemudian pada tahun 1981 IBM merilis komputer pribadi (PC) yang dapat digunakan di rumah dan di kantor. Kemudian pada tahun 1984 gantian Apple yang merilis Macintos sebagai komputer andalannya.

Pada generasi ini sangat pesat sekali kemajuannya, diantaranya diciptakannya mouse, GUI (Graphical User Interface) hingga komputer jinjing (laptop). Bahkan prosesor atau CPU (Central Processing Unit) pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga sekarang inil

5. Komputer Generasi Kelima Menggunakan Memori Semikonduktor (1985-Sekarang)

Periode ini merupakan pengenalan mesin dengan ratusan prosesor yang semuanya dapat bekerja pada bagian yang berbeda dari satu program tunggal. Pada tahun 1990 dikembangkan chip dengan sejuta komponen. Memori semikonduktor menjadi standar pada semua komputer. Pada tahun 1990 juga dikembangan HTML (Hyper Text Markup Languange) sehingga memunculkan World Wide Web (WWW). Kemudian pada tahun 1992 Mikroprosesor Pentium memajukan penggunaan grafis dan musik pada PC. Selanjutnya pada tahun 1994 komputer mulai dapat digunakan untuk bermain game. Sejak saat itu hingga sekarang ini, perkembangan teknologi informasi semakin pesat, termasuk dengan hadirnya internet dalam kehidupan manusia, dan hal tersebut otomatis akan berdampak pada kebutuhan akan komputer dengan teknologi yang canggih semakin meningkat.

        Demikianlah pembahasan ringkas mengenai Sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kita semua, khususnya mengenai dunia komputer dan internet. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang"

  1. Wah, ternyata silsilah komputer dari awal hingga saat ini terus ditenagai teknologi yang sangat canggih. Tiba-tiba jadi terbersit nanti di masa depan akan ada komputer secanggih apa lagi. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pasti kedepannya komputer akan semakin modern dan canggih seiring dengan kemajuan Iptek. Terima kasih atas kunjungannya

      Hapus